EVOURIA PEMEKARAN BONE

Posted: 22 Februari 2009 in bone, budaya, pemekaran
Tag:,

PATAWARI, S.Hi.,M.H.

Semangat pemekaran kabupaten bone (Bone barat, bone, utara, bone selatan) terutama bone selatan menjadi sebuah issue hangat akhir akhir ini, berbagai metodologi yang digunakan mulai dari gerakan massa sampai pada sosialisasi ditingkat elemen seperti mahasiswa yang dianggap mamapu melakukan pendampingan terhadap masyarakat untuk melakukan gerakan dilapanagan/dikantor pemeritah yang mempunyai keterkaitan langsung untuk menggolkan kebijakan hingga pemekaran.
Menjadi tugas pemerintah untuk melakukan sikap terhadap issue dan gerakan yang terjadi, tentunya tugas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang mampu tidaknya Negara membiayai daerah yang ingin melakukan pemekaran. Memang berat sebab issue pemekaran akhir – akhir ini beriringan suhu politik yang tak lama lagi diselenggarakan di sulawesi selatan demikian juga di Kabupaten Bone 2008 dalam melakukan penyegaran struktur pemerintahan melalui pemilihan umum kepala daerah.
Issu pemekaran yang berkembang akhir-akhir ini banyak asumsi masyarakat sampai tokoh politik yang memberikan penilaian terhadap gerakan yang dilakukna masyarakat;
1. bahwa pemekaran bone sudah terlambat, sebab bangsa Indonesia dilanda berbagai bencana alam sehingga pemekaran tentu harus tertunda, sebab keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah pusat saat ini.
2. dekatnya pesta demokrasi di sulawesi Selatan sehingga pemekaran kabupaten tentu harus dipikirkan setelah susksesnya pemilihan umum propinsi.
3. pemekaran terutama pemekaran kabupaten bone, harus sesuai dengan keinginan politk pemerintah setempat, sehingga bagaimanapun metodologi yang digunakan kelompok massa maka harus atas keinginan pemerintah daam hal ini adalah legislatif dan yudikatif. Sebagai intitusi yang mempunyai hak untuk mengeluarkan rekomendasi pemekaran.
4. keinginan masyarakat tentu tidak dapat dinafikkan sebagai bagian penting, dan elemen yang merasakan imbas dari sebuah pemekaran ketika terwujud.
5. issu pemekaran akhir-akhr ini siring sejalan dengan dekatnya pesta demokrasi, yang tentunya sekelompok masyarakat yang menginginkan pemekaran tidak hanya dengan keinginan sekelompok masyarakat tetapi harus atas keinginan masyarakat seluruhnya sehingga pemekaran terjadi tidak berimbas pada terjadinya misuderstanding antara masyarakat dengan masyarakat demikian dengan peerintah.

Bagaimanapun juga pemekaran suatu daerah harus dilihat secara politik dan idealitas suatau daerah. Sebab jangan sampai pemekaran yang terjadi justru masyarakat sendiri yang belum mapan secara sumber daya alam terlebih potensi secara sumberdaya manusia. Demikian juga dengan hubungan politik antara daerah kabuaten/kota Profinsi sampai pada tingkat nasional. Sebab pemekaran tidak hanya terjadi atas keinginan kabupaten induk terlebih hanya keinginan masyarakat semata.
Menghindari terjadinya kesalah pahaman/pro dan kontra masyarakat maka pemerintah harus memberikan pemahaman akan layak tidaknya pemekaran dilakukan untuk saat ini.
Tentu pendekatannya adalah
1. pendekatan normatif. Bahwa daerah yan ingin melakukan pemekaran secara hukum memang sudah layak
2. pendekatan social adalah pemekaran dilakukan atas keinginan masyaraka yang merasakan imbas dari sebuah pemekaran
3. pendekatan poltik, adalah mencermati akan keinginan peerintah local regional dan pusat. (ditulis tahun 2008)

Komentar
  1. bustang A. Mappaseling mengatakan:

    Saya melihat bahwwa yang sangat mendesak di Kabupaten Bone bukan persoalan pemekaran, melainkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bone. Hal tersebut tercermin dari masih banyaknya desa tertinggal di Kabupaten Bone, yang masih butuh perhatian bersama dari pelaku-pelaku pembangunan (pemerintah, masyarakat dan dunia usaha), untuk mengubah perilaku masyarakat (warga miskin/tidak berdaya) menjadi warga yang mampu memenuhi kebutuhannya/berdaya di Kabupaten Bone. Hal tersebut mungkin yang perlu dipercepat adalah perlunya pendalaman mengenai peta kemiskinan, apa potensi kabupaten Bone, apa langkah-langkah kebijakan (kebijakan yang bersifat jangka pendek, menengah dan panjang) kemudian tetapkan program-program dan kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengurangi kemiskinan di Kabupaten Bone. Di samping itu Perlu mensingkronisasikan antara program yang bersifat nasional, propinsi dengan program-program di Lingkungan Pemda Bone.
    Dr. Bustang A. Mappaseling,MS.

  2. Sofyan Sirajuddin mengatakan:

    Tak ada yang salah dari pemekaran, tp butuh banyak pertimbangan (EKOPOLSOSBUD) baik sebelum maupun dampak konflik sosial pasca pemekaran. selain itu kesiapan masyarakat secara psikologis.

  3. Ridwan, S.Pd. M. Pd. mengatakan:

    Pada dasarnya pemekaran Bone adalah hal yang sangat wajar. Apabila di Kabupaten yang notabenenya adalah daerah yang dianggap malebbi na warani tidak dimekarkan maka jangan harap kesejahteraan dan pemerataan pembangunan akan dirasakan oleh masyarakat pinggiran. Sebut saja daerah Luwu yang saat ini berkembang pesat karena adanya keterbukaan para legislatornya dan pemerintahannya untuk memajukan daerahnya dengan jalan pemekaran. Apatah lagi Bone yang sudah berabad-abad dianggap sebagai daerah yang banyak penduduknya, warganya cerdas, banyak panritanya, maega to sugi,na, tapi apa yang terjadi pembangunan khususnya jalanan merupakan daerah yang sangat ketinggalan pembangunannya. Bone sekarang bukan lagi memerlukan pendalaman tentang kemiskinan, pendalaman tentang pembangunana tapi yang diinginkan adalah pemekaran agar terjadinya pemerataan pendidikan, pembangunan infrastruktur, pengurangan pengangguran. Sebut saja para tokoh nasional yang berkiprah di Senayan, di Provinsi, banyaknya warga dan keturunan Bone di daerah dan pelososk nusantara adalah bukti bahwa Bone adalah daeraah yang mampu dan mandiri untuk dimekarkan. Kapan tidak ada pemekaran jangan harap pembangunan infrastruktur, kesejahteraan, pendidikan, kemiskinan, dan pengangguran akan teratasi dengan baik. para legislator dan pejabat pemerintah jangan cuma janji-jani saja pada saat kampanye, buktikan nyali Anda kalau memang Anda adalah putra daerah yang mau berjuang dan berani melakukan perubahan.
    Salam sejahtera buat legislator, pemerintah, dan pemerhati pemekaran. Semoga pemekaran Bone cepat terlaksana.

  4. muhammad arham mengatakan:

    pemekaran merupakan dinamika dalam era reformasi. Hal tersebut terjadi pasti karena ada sebab. Pembangunan yang tidak merata,berimbas pada seluruh sektor kehidupan masyarakat. Akibatx: timbul ras ketidakadilan sosial dengan didukung sdm yang mapan untuk memecahkan masalah tersebut. Mungkin ini jalan yang terbaik, daripad tidak melakukan apa2. Yang penting sistem dan kontrol (POAC) menajemen pemerintahanx mapan.Saya kira pemerintah bone sekarang sudah gagal dalam segala hal karena mungkin menerapkan sentralisasi pembangunan,buktinya:barat, utara, selatan minta berpisah. Masalah ini harus ditelaah lebih jauh,apakah keinginan publik atw keinginan kelompok tertentu.Menurut saya, apapun itu satu hal yang menjadi penghambat utama pembangunan bone selama ini. FEODALISME.

  5. muhammad asy'ari mengatakan:

    sepakat pemekaran bone selatan demi kemajuan SDM dan pemerataan pembangunan……..

  6. muhammad asy'ari mengatakan:

    sepakat pemekaran dg alasan pengembangan SDM dan pemerataan pembangunan….

  7. muhammad irfan mengatakan:

    pemekaran Bone selatan adl slah satu jln untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bone, akan tetapi pemekaran itu tidak serta merta dilakukan begitu saja tanpa adanya kesiapan. kesiapan yang di maksud adlah SDM yang bisa di andalkan dan berasal dari putra daerah dari Bone selatan sendiri karena jangan sampai pemekaran sudah terlaksana tapi SDMnya msih pakai tenaga dari luar BONSEL… itu yang tidak kami harapkan….(SANREGO)

  8. Andi Linn Sudarso, SKM mengatakan:

    AssalamuAlaikum…..Wacana kajian yang telah bertahun-tahun digulir sebagai issu pemekaran Bone Selatan,Semestinya kita semua bersama” memberikan masukan agar dapat menykseskan suatu perubahan,jangan hanya berada pada tataran issu semata n perbincangan yang khalayak umum…..!!!”Bone Selatan tauwwa bisa thonji…..”ws.wr.wb,…yakusa

  9. Andi Asriadi mengatakan:

    Bone adalah kabupaten terluas di Sulawesi selatan,dan sudah seharusnya diadakan pemekaran,agar masyarakatnya lebih sejahtera,menyambut hari esok yang lebih sejahtera…….I LOVE Bone

  10. jaka yakusa mengatakan:

    asalamualaikum.wr.wb.Sebagai bagian dari masyarakat bone selatan(laccibung),saya sangat sepakat terhadap isu pemekaran yang sementara ini sedang bergulir,akan tetapi pemekaran juga harus di sikapi secarak bijak.Agar masyarakat tdk termarjinalkan,dengan alasan pembangunan semata.wasalamualaikum.wr.wb.yakin usaha sampai.

  11. Tasly ICP mengatakan:

    Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s