”Ke-pemimpin-an”

Posted: 12 Maret 2009 in managemen, pemimpin
Tag:

Oleh: Patawari

BEBERAPA KARAKTERISTIK PEMIMPIN

1. Teori serba Sifat Traits Theory kepemimpinan itu memerlukan serangkaian sifat-sifat. cirri-ciri atau perangai tertentu yang menjamin keberhasilan pada setiap situasi. Siagian (1970:57) bahwa kepemimpinan ini juga disebut sebagai teori genetic
2. teori lingkungan Environmental theory munculnya pemimpin-pemimpin merupakan hasil dari waktu, tempat dan keadaan tertentu. seseorang akan menjadi pemimpin ketika berada dalam lingkungan social. sehingga setiap lingkungan tertentu menuntut adanya pemimpin yang berbeda pula.
3. teori interaksi harapan Interaction-expectation theory seseorang pemimpin menggerakan pengikut dengan harapan-harapan bahwa ia akan mencapai tujuan organisasi, mendapat keuntungan, penghargaan dan lainnya. teori ini berdasarkan pada fariabel: aksi, reaksi, dan perasaan menurut Ho Mand (khoiruddin: 2004).
4. teori Humanistik Humanistik theory bahwa manusia adalah organisme yang dimotivasi, sedangkan organisasi sifatnya menyusun dan mengendalikan. Fungsi kepemimpinan ini adalah membuat organisasi sedemikian rupa sehingga memberikan sedikit kebebasan kepada individu untuk mewujudkan motivasinya sendiri yang potensial untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya seperti fisiologis, keamanan, social, dan sebagainya.
5. teori pertukaran exschange theory terjadi proses interaksi social, pertukaran memberi dan menerima antara kelompok dengan segala imbalannya.

Pendekatan Situasional :
a. kepemimpinan partisipatif. ad kepemimpinan partisipatif menyangkut baik pendekatan kakuasaan maupun perilaku kepemimpinan. aspek perilaku seperti prosedur untuk kensultasi dan memperoleh saran dan gagasan, dan perilaku khusus untuk mendelegasikan wewenang.
b. kepemimpinan kharismatik suatu hasil persepsi dari para pengikut dan atribut yang dipengaruhi oleh kemampuan-kemampuan aktual dan perilaku para pemimpin.
c. pemimpin transpormasional proses dimana para pemimpin dan pengikut salain menaikkan diri ke tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi. para pemimpin menimbulkan kesadaran pada pengikutnya dengan menyerukan cita-cita yang lebih tinggi dan nilai-nilai moral seperti kemerdekaan, keadilan, dan kemanusiaan. bukan didasarkan pada emosi seperti keserakahan, kecemburuan atau kebencian

SOSOK PEMIMPIN YANG BERKEPRIBADIAN
1. matang secara odeologi
2. multi keterampilan Skill
3. Multi pengetahuan
4. multi wawasan

(ringkasan Materi :Disampaikan di depan Mahasiswa STIK TAMALATE Oleh BEM STIK Sabtu, (22/04/06)

.referensi lain lihat di http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.ashridge.org.uk/ashridge/VLRCMini.nsf/site/ALPPLG41.htm/%24file/alp_ind_diag1.jpg&imgrefurl=http://www.ashridge.org.uk/ashridge/VLRCMini.nsf/site/ALPPLG41.htm&usg=__cyFjdSqV5qAXDcUBmuahpZlTWIc=&h=371&w=293&sz=17&hl=id&start=7&tbnid=QzSZHIBtaZAy1M:&tbnh=122&tbnw=96&prev=/images%3Fq%3Dkepemimpinan%26gbv%3D2%26ndsp%3D18%26hl%3Did%26sa%3DN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s